Smart Solution UN Matematika SMA 2013 (SKL 2.10 Operasi Aljabar Vektor)

di edisi ke sebelas modul SMART SOLUTION dan TRIK SUPERKILAT UN Matematika SMA 2013 kali ini blog berbagi dan study akan membahas topik materi tentang Operasi Aljabar Vektor.

Bab Vektor ini selain muncul di Matematika kelas XII juga sudah lebih dulu dibahas di Fisika di kelas X, karena sebenarnya roh dari perhitungan Fisika itu terdapat di vektor itu sendiri... Hehe... Nah, jadi tugas kita di vektor itu boleh dibilang cukup ringan, karena sekterdapatr mengingat lagi konsep-konsep vektor yang terdapat di Fisika. Mulai dari penjumlahan, pengurangan, perkalian titik, perkalian silang dari dua vektor. Bedanya kalau di Fisika lebih menitik beratkan di penjumlahan pengurangan vektor yang lebih dikenal dengan Resultan vektor. Perkalian titik dan perkalian silang juga sebenarnya telah dibahas cukup mendetail di Fisika kelas X.

Nah, kalau kita membahas topik soal UN Matematika SMA tentang indikator soal operasi aljabar vektor ini, satu hal yang sering ditanyakan merupakan hasil operasi perkalian titik terhterdapatp beberapa operasi aljabar penjumlahan maupun pengurangan vektor dengan syarat bahwa dapat saja terdapat dua vektor yang tegak lurus, terdapat yang saling berlawanan, terdapat yang sejajar, terdapat yang segaris, terdapat yang macem-macem lah....  Intinya semua dapat adik-adik baca di modul yang dilampirkan di posting blog ini.

Mungkin contoh soalnya UN di indikator ini merupakan seperti berikut:

"diketahui vektor a, b, dan c . Jika vektor a tegak lurus vektor b, maka tentukan hasil dari (a+b)(a-b)"

Semua pembahasan serta rumus praktis dapat anda mampukan di file pembahasan SMART SOLUTION dan TRIK SUPERKILAT berikut. File ini berisi logika praktis dan trik mengerjakan soal tipe UN maupun SNMPTN sehingga mampu meminimalisasi penggunaan waktu saat mengerjakan soal UN maupun tes lainnya. File ini sudah disesuaikan dengan kisi-kisi UN 2013 terbaru yang diterbitkan oleh BSNP Indonesia.

Smart Solution ini berisi materi tentang:
- Menentukan hasil operasi aljabar dari beberapa vektor dengan syarat tertentu.

File ini juga menyertakan pembahasan cara singkat dan rumus cepat di soal-soal UN Matematika SMA .Bagi adik-adik dan para pengajar yang memerlukan file Smart Solution sebagai bahan pendamping untuk menghterdapatpi Soal Ujian Nasional Matematika SMA 2013 dapat didownload di link di bawah ini:

Smart Solution UN Matematika SMA 2013 (SKL 2.10 Operasi Aljabar Vektor)

Bila adik-adik ingin melihatnya langsung di blog ini, berikut ini merupakan tampilan file Smart Solution UN Matematika SMA 2013 (SKL 2.10 Operasi Aljabar Vektor) yang dapat adik-adik nikmati....



Untuk SKL SKL berikutnya menyusul untuk segera diupload.

Jangan lupa untuk mengunduh berkas atau file soal latihan, ringkasan, cara singkat dan rumus cepat lain untuk mata pelajaran Matematika maupun seluruh mata pelajaran UN yang lain di link yang termampu di bagian kanan blog ini.

Semoga bermanfaat!